MAKSIMUM DAN MINIMUM
Makalahinidisusununtukmemenuhitugasmatakuliahkalkulus
I
dibimbingolehDra.
Sunismi, M.Pd
![UIM](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.jpg)
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.gif)
KATA PENGANTAR
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.gif)
Syukur
Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat serta
hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ”Maksimum
dan Minimum”. Sholawat serta salam kita haturkan kepada baginda Rosul Muhammad
SAW, beliau yang menjadi panutan kita.
Ucapan
terima kasih penulis sampaikan kepada IbuDra. Sunismi, M.Pd selaku dosen mata
kuliah Kalkulus I yang telah membimbing penulis sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini.
Penulis
mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam makalah ini.
Semoga
makalah ini bermanfaat bagi semua pihak yang membaca, khususnya bagi penulis.
Malang,
28 Oktober 2012
Daftar Isi
Kata Pengantar........................................................................................................... ii
Daftar Isi.................................................................................................................... iii
Bab I Pendahuluan..................................................................................................... 1
Bab II Isi.................................................................................................................... 2
2.1 Defenisi................................................................................................................ 2
2.2Teorema Keberadaan Maksimum-Minimum......................................................... 2
2.3 Di Mana Terjadi Nilai-Nilai Ekstrim.................................................................... 2
2.4 Teorema Titik Kritis
Bab III Penutup......................................................................................................... 9
3.1 Kesimpulan.......................................................................................................... 9
3.2 Saran.................................................................................................................... 9
Daftar Pustaka........................................................................................................... iv
BAB
I
PENDAHULUAN
Seringkalikitaharusmencaricaraterbaikdalammelakukansesuatupekerjaan.
Sebagaicontoh, seorangpetaniinginmemperolehkombinasitanaman yang
dapatmenghasilkankeuntunganterbesar.Seorangdokterberharapdapatmemberikandosisterkecilsuatuobatuntukmenyembuhkanpenyakittertentu.Seorangkepalapabrikinginmenekansekecilmungkinbiayapendistribusianproduknya.
Kadangkalamasalahsemacamitudapatdirumuskansedemikianrupasehinggamelibatkanpemaksimumndanpeminimumansuatufungsipadasuatuhimpunan
yang telah di tentukan.Jikademikian,
metode-metodekalkulusmenyediakansaranaampuhuntukmemecahkanmasalahtersebut.
BAB
II
ISI
1.1 Definisi
Misalkan S, daerahasalƒ, mengandungtitikc,maka
:
• ƒ(c)
adalahnilaimaksimum ƒ pada S jika ƒ(c) ≥ ƒ(x)untuksemua
x di S;
• ƒ(c)adalahnilai
minimum ƒ pada S jika ƒ(c) ≤ ƒ(x)untuksemua x di S;
• ƒ(c)
adalahnilaiekstrim ƒ pada S jikaiaadalahnilaimaksimumataunilai
minimum.
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.gif)
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image010.gif)
1.2
TeoremaKeberadaanMaksimum-Minimum :
Jika ƒ kontinupada
interval tertutup [a , b] ,maka ƒ mencapainilaimaksimumdannilai minimum.
1.3 Di
manaterjadinilai-nilaiekstrim?
Nilai-nilaiekstrimdarifungsi yang
didefenisikanpada interval tertutupseringkaliterjadipadatitik-titikujung.
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.gif)
Jikacsebuahtitiktempat ƒ΄(x) =0, kitasebutctitikstasioner.
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image014.gif)
Jikacadalahtitik –dalamdariI
di mana ƒ΄tidakada, kitasebutcsebagaititik
singular.
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image016.gif)
Ketigajenistitikinimerupakantitik-titikkuncidariteorimaks-min.
Sebarangtitikdalamdaerahasalfungsi ƒ yang
termasuksalahsatudaritigatipeinidisebuttitikkritisƒ.
CONTOH :
Carititik-titikkritisdari ƒ(x)=
-2x³ + 3x² pada [-½ ,2]
PENYELESAIAN :
Titik-titikujungadalah -½ dan 2.
Untukmencarititikstasionerkitapecahkan
ƒ΄(x)= -6x² + 6x =0 untuk x, diperoleh 0 dan 1.Tidak adatitik-titik
singular.
Jadititik-titikkritisnyaadalah -½ ,
0 , 1 , 2.
1.4 TEOREMA TITIK KRITIS :
Misalkan ƒ didefenisikanpada
interval I yang memuattitikc. Jika ƒ(c) adalahnilaiekstrim,
makacharuslahberupasuatutitikkritis;
dengan kata lain, cadalahsalahsatudari :
•
TitikujungdariI
•
Titikstasionerdari ƒ ; yaknititik di mana ƒ΄(c) = 0 atau;
•
Titik singular dariƒ ;yaknititik di mana ƒ΄(c) tidakada.
CONTOH :
Carilahnilai-nilaimaksimumdan
minimum dari ƒ(x) = x³ pada [-2,2].
PENYELESAIAN :
ƒ΄(x) = 3x²
ƒ΄(x) hanya “nol” ketika x=0,
» titik-titikujungnyaadalah
x= -2 dan x=2
makatitik-titikkritisnya = -2 , 0
,dan 2
»
substitusititik-titikkritispadafungsisemula ƒ(x)= x³ diperoleh :
ƒ(-2)= (-2)³ = -8
ƒ(0) = (0)³ = 0
ƒ(2) = (2)³ = 8
Jadinilaimaksimumadalah
8 dannilai minimum adalah -8
CONTOH :
Carilahnilai-nilaimaksimumdan
minimum dari ƒ(x) = -2x³ + 3x² pada[ -½,2]
PENYELESAIAN :
ƒ΄(x) = -6x² + 6x
ƒ΄(x)=0 jika x=0 dan x=1
»titik-titikujungnyaadalah x= -½
dan x=2
makatitik-titikkritisnya = -½ , 0 ,
1 ,dan 2
»substitusititik-titikkritispadafungsisemula
ƒ(x)= -2x³ + 3x² diperoleh
ƒ(-½)= -2(-½)³ + 3(-½)² = ¼ + ¾=1
ƒ(0)= -2(0)³ + 3(0)² =0
ƒ(1)= -2(1)³ + 3(1)² =1
ƒ(2)= -2(2)³ + 3(2)² = -4
Jadinilaimaksimumadalah 1 dannilai
minimum adalah -4
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image018.gif)
CONTOH :
Fungsi F(x) = x⅔
Kontinu di mana-mana.
Carilah nilai-nilai maksimum dan
minimumnya pada [ -1,2 ]
PENYELESAIAN :
F′(x)
= ⅔ x⅓
Tidak
pernah nol, namun F′(o) tidak ada, sehingga 0 , -1 ,dan 2 adalah titik
kritisnya.
»substitusi
titik-titik kritis ke fungsi semula diperoleh;
F(-1)
= 1
F(0)
= 0
F(2)
= ![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image020.gif)
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image020.gif)
≈1,59
Jadi nilaSi maksimum adalah ![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image021.gif)
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image021.gif)
nilai minimum adalah 0
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image023.gif)
CONTOH :
Carilahnilai-nilaimaksimumdan
minimum dari ƒ(x) = x + 2 cos x pada[ - , 2 ]
PENYELESAIAN :
ƒ′(x)
= 1 – 2 sin x
ƒ′(x)
= 0 ketikanilaidari sin x = ½
nilai
sin x = ½ dalam interval [ - ,
2 ] yang
memenuhiadalah x =
/6 dan x = 5/6
makatitik-titikkritisnyaadalah
- , 5/6 , /6 ,dan 2
»substitusititik-titikkritisdiperoleh;
ƒ(-) = -2 - ≈ -5,14
ƒ(5/6) = -
+ 5/6 ≈ 0,89
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image025.gif)
ƒ(/6) =
+
/6 ≈ 2,26
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image025.gif)
ƒ(2) = 2 + 2 ≈ 8,28
Jadinilaimaksimumadalah
2 + 2dannilai
minimum adalah -2 -
![](file:///C:/Users/Premium/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image027.gif)
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.1.1
Suatu fungsi kontinu pada suatu interval tertutup akan selalu mempunyai nilai maksimum dan minimum pada interval
tersebut.
3.1.2 Istilah nilai ekstrim
menyatakan suatu nilai maksimum dan minimum.
3.1.3 Suatu fungsi dapat mencapai
nilai ekstrim hanya pada titik kritis. Titik-titik kritis ada tiga tipe ; titik
ujung, titik stasioner, dan titik singular.
3.2 Saran
Seperti kata pribahasa yang
mengatakantakadagading yang takretak,karenakesempurnaanhanyamilik Allah.
Makalahinidibuatuntukmemudahkanpembacadalammempelajaridanmemahamikonsepbarisangeometrisecaramendalam.
Saran bagipembaca;
1. Pembaca di harapkanmemahamimaterimaksimumdan
minimum yang telah di paparkandalammakalahini.
2. Pembaca di
harapkandapatmengambilmanfaatdarimakalahini.
3. Pembacadapatmemberikankritik yang
membangundarimakalah yang telahpenulispaparkan, agar
kedepannyapenulisdapatmemperbaikikekurangan yang adadalammakalahini.
Dengankemajuanteknologi
yang semakincanggihpembaca di harapkandapatmencarikekurangan –
kekurangandalammakalahini di dalamliteratur yang lain ataupun internet.
Purcell, Edwin J. Dale Varberg. 1987. Edisi
Kelima Kalkulus dan Geometri Analitis Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar